Friday, April 1, 2011

mocca nougat roll cake

postingan yang agak kadaluarsa nich...untuk hantaran ke mertua & persediaan cake di rumah mama pengen bikin roll cake yang menurut saya ukuran potongan roll cake lebih bisa diterima di kalangan orang-orang yang "berumur" daripada potongan cake besar...
karena di milis NCC lagi hangat-hangatnya dibahas mocca nougat cake, langsung kepikiran kalo cake ini dijadikan roll cake ajah, karena rasanya yang unik paduan rasa BCnya yang yummy,nougat (a.k.a enting-enting) yang manis & mocca yang wangi bikin cake ini laris manis natal kemaren...

MOCHA NOUGAT CAKE
by Lanny S (dari buku Cake Populer ala Singapura)

Bahan I
8 btr kuning telur
50 gr gula pasir halus (kastor)

Bahan II (campur dan ayak)
150 gr terigu protein rendah (misal kunci)
1/2 sdt baking powder

Bahan III (campur jadi satu)
100 ml susu cair
100 ml minyak sayur

Bahan IV
250 ml putih telur
100 gr gula pasir
1/2 sdt cream of tar-tar
1/2 sdt garam

Bahan V (cream)
250 gr mentega putih
125 gr margarine
200 ml susu kental manis putih
2 sdm mocca pasta

Bahan VI (nougat)
200 gr gula pasir
200 gr kacang tanah, panggang, tumbuk kasar (aku pake kacang goreng *males*)

Cara membuat :

  1. Bahan IV : Kocok putih telur hingga setengah mengembang. Masukkan gula pasir, cream of tar tar dan garam, kocok kembali hingga mengembang, tapi tidak terlalu kaku.
  2. Campur dan kocok bahan I menjadi satu hingga mengembang dan gula larut. Masukkan bahan II sedikit demi sedikit sambil diselingi dengan bahan III, aduk berlahan dengan spatua hingga rata.
  3. Tuang bahan IV, aduk hingga tercampur rata. Tuangkan adonan kedalam 2 bh loyang diameter 20 cm yang telah terlebih dahulu dioles dengan sedikin margarine hingga rata.
  4. Panggang dalam oven dengan suhu 160C - 175C selama 20 menit hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat dan dinginkan.
  5. Campur dan kocok bahan V menjadi satu hingga tercampur rata dan mengembang, sisihkan.
  6. Bahan VI : sangrai gula pasir hingga meleleh dan berwarna kuning kecoklatan. Masukkan kacang tanah, aduk rata. Tipiskan di dalam loyang tang telah diolesi dengan sedikit minyak pada saat selagi panas, dinginkan. Haluskan.
  7. Ambil 1 lembar cake, olesi dengan bahan V hingga rata, taburi dengan bahan VI. Tumpuk dengan cake, beri lagi dengan bahan V dan bahan VI. Lakukan hal yang sama untuk cake yang selanjutnya, terakhir, taburi seluruhnya dengan bahan VI.
  8. Hias sesuai selera.

2 comments:

  1. Roll cake nya bikin ngiler mbak...rapihhhhh !

    ReplyDelete
  2. tengkyu mbak nien...masih kalah koq sama punya mbak nien yang mulussss abis, maklum masih pake otang jadi permukaannya kadang ga mulus...

    ReplyDelete