Tuesday, April 13, 2010

tips bikin kue (3)

Masalah yang sering timbul dalam membuat cake ?

· Permukaan cake yang tebal dapat menjadi cekung karena jumlah tepung terigu dalam adonan kurang * Permukaan cake dapat tampak seperti gunung karena pemakaian tepung terigu dalam adonan terlalu banyak.

· Permukaan cake dapat menjadi tebal karena pemakaian gula dan tepung terigu yang terlalu banyak serta oven kurang panas.

· Permukaan cake dapat pecah karena pemakaian tepung terigu dan gula terlalu banyak atau pemakaian jenis tepung terigu yang tidak sesuai (proteinnya terlalu tinggi). Penyebab lain adalah diameter cetakan yang digunakan terlalu kecil atau panas oven kurang.

· Susunan dalam cake bisa berlubang kasar karena terlalu banyak putih telur atau terlalu sedikit margarine.

· Terjadi gumpalan-gumpalan padat dalam cake,karena jumlah margarine-nya terlalu banyak, atau karena pengadukan adonan terlalu lama sehingga terbentuk gluten.

· Bagian tengah cake bisa kurang matang,karena suhu oven terlalu panas

· Cake mudah keras dan kering,karena penggunaan gula, margarine, dan telur yang kurang. Terlalu banyak baking powder dan kuranganya cairan juga bisa menyebabkan cake mudah keras dan kering.

· Adonan cake bisa terlalu encer,karena cake emulsifier atau jumlah tepung yang kurang, serta terlalu banyak putih telur.

Tips Membuat Cake

· Jangan meletakkan loyang terlalu dekat dengan sumber api pada bagian bawahnya (atau suhu oven terlalu panas) karena permukaan cake bagian atas masih tetap basah walaupun bagian bawahnya sudah hangus.

· Jika cetakan terlalu tinggi sehingga bagian atas loyang dengan dinding atas oven terlalu dekat atau jika suhu oven terlalu panas maka hasil cake juga tidak akan sempurna karena bagian atas cake sudah hangus sementara bagian tengahnya masih belum matang.

· Dasar loyang sebaiknya dilapisi dengan kertas roti dan jangan dipoles dengan margarine, serta ditaburi tepung karena akan membuat bagian bawah cake menjadi tebal dan terkelupas.

· Memanggang cake yang tipis membutuhkan suhu oven yang lebih tinggi (± 200°C), sedangkan untuk memanggang cake yang tebal suhu oven harus lebih rendah (± 180°C).

· Bungkus cake dengan aluminium foil dan masukkan ke dalam freezer, maka cake akan tahan lebih dari 5 minggu.

· Oven sudah harus dalam keadaan panas sebelum cake dibakar. Air kukusan juga sudah harus dalam kondisi mendidih sebelum mengukus kue.

· Coklat bubuk dalam adonan harus diayak bersamaan dengan tepung terigu yang digunakan membuat cake, supaya coklatnya dapat tersebar lebih merata dan tidak berbutir-butir dalam adonan.

· Pewarna cair yang digunakan harus dimasukkan pada saat adukan pertama. Jika dimasukkan pada saat adonan sudah jadi, maka volume cake tidak akan maksimal.

· Margarine cair harus dalam keadaan dingin sebelum ditambahkan ke dalam adonan cake. Jika panas, maka tekstur cake yang dihasilkan akan menjadi kasar.

· Jika cake ingin diberi butter cream, usahakan cake sudah dalam keadaan dingin selama 2 jam. Jika tidak, maka butter cream akan meleleh dan cake menjadi tidak tahan lama.

· Adonan yang paling cocok untuk membuat cake yang diberikan buah adalah adonan pound cake.

· Jangan memasukkan beberapa jenis buah-buahan yang berlendir di dalam adonan cake untuk isian, sebab akan membuat cake menjadi tidak tahan lama.

Penggunaan Emulsifier Pada Adonan Cake

Adonan cake selalu menggunakan cake emulsifier, karena telur yang digunakan umumnya menggunakan telur ayam negeri. Bila telur ayam tersebut usianya sudah lama, maka tingkat kepekatannya berkurang, sehingga tidak bisa maksimal mengikat udara selama proses pengocokan. Karena itu, perlu ditambahkan cake emulsifier supaya telur semakin pekat, dan dapat menyimpan udara lebih maksimal, sehingga cake akan mengembang dengan baik. Kekurangan cake emulsifier bisa membuat adonan encer. Keenceran adonan juga bisa disebabkan oleh kurang jumlah tepungnya, atau terlalu banyak penggunaan putih telur. Jika adonan menggunakan banyak kuning telur tetapi masih ditambah cake emusifier yang banyak pula, bisa menyebabkan cake bantat. Karena kuning telur sudah pekat, maka bila ditambah dengan cake emulsifier lagi adonannya semakin pekat dan jadi berat, sehingga cake tidak akan mengembang dengan baik.

Saat membuat cake, apakah benar bahwa penggunaan mixer saat mengaduk tepung mengakibatkan cake bantet? (versi anggota mailist)

klo menggunakan mixer Bosch sepertinya tidak masalah pengadukan tepung dilakukan di mixer (soalnya klo pakai mixer bosch ada fasilitas pengadukan tombol M)
pakai hand mixer, klo menurutku alangkah lebih baik klo instruksinya dengan pengadukan maka lebih baik diaduk

Kalau yang dimaksudkan dalam pembuatan spongecake, maka betul. Pengadukan tepung cukup dengan menggunakan spatula saja, dan diaduk dengan cara membalik-balik adonan, sampai tepung tercampur rata.

No comments:

Post a Comment