Tuesday, March 1, 2011

tiramisu

pernah beli tiramisu di bakery lumayan terkenal di denpasar ternyata...paitttt banget, ga cocok dengan lidahku, mungkin nyiram sirup kopinya kebanyakan....plus mahal pula..(jadi gondok abis..)
akhirnya bertekad (ciee....) pengen bikin dhewe, yg semuanya disesuaikan dengan lidahku tentunya.
setelah berselancar di dunia maya, ternyata lumayan banyak resep tiramisu ini, tapi kebanyakan pake kuning telur , karena blom pede bikin yg pake kuning telur (takut ngasiin ke si kecil, krn ga yakin mateng, meskipun sdh dikocok dengan ditim), akhirnya pake resepnya mbak rina sofiany yang bebas dr kutel...ternyata rasa tiramisunya enak & sirup kopinya juga disesuaikan dengan selera lidahku, berikut saya share resepnya

TIRAMISU TORTE ala RINA
sumber : rina sofiany

Cake/lady fingers

5 putih telur
5 kuning telur
125 g tepung terigu segitiga
125 g gula

Kocok putih telur dan gula sampe kaku, kemudian masukkan kuning telur yg udah dikocok lepas. Terakhir masukkan terigu, aduk rata. Tuang ke dalam 2 buah loyang bulat diameter 22 cm yang sudah dioles mentega dan dialas dengan kertas roti. Oven hingga matang.

Sirop Kopi.

250 ml air

4 sdm kopi bubuk instan

4 sdt gula pasir

Larutkan kopi dan gula dalam air.

Adonan keju krim.

300 ml whipcream

500 gr keju mascarpone

60 gr gula bubuk @

Kocok whipedcream dan gula hingga kaku, kemudian masukkan keju mascarpone, kocok dengan kecepatan rendah. Beri beberapa sendok larutan sirup kopi (tergantung selera). Kemudian bagi adonan keju krim menjadi 2 bagian.

Cara menyusun.

Siapkan loyang bongkar pasang *

Bagian paling dasar letakkan 1 lembar sponge cake/lady fingers. Perciki dengan 1/2 bagian sirup kopi. Masukkan 1/2 bagian krim keju, ratakan. Kemudian letakkan lembar sponge cake/lady fingres berikutnya. Perciki dengan sisa sirup kopi. Terakhir masukkan sisa krim keju. Untuk hiasan bisa ditambahkan whipcream yang sudah dikocok kaku.

Masukkan ke dalam lemari es hingga mengeras. Kemudian lepaskan loyang dan siap dihias atau bisa juga langsung dinikmati.


@ kalau menggunakan whipcream yang non-dairy gula ini bisa di skip, soalnya biasanya whipcream yang non-dairy sudah berasa manis.


No comments:

Post a Comment